Sunday, November 17, 2013

Macam Macam Jenis Sensor

Macam Macam Jenis Sensor





  •  Sensor Proximity 

Sensor Proximity merupakan sensor atau saklar yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik. biasanya sensor ini terdiri dari alat elektronis solid-state yang terbungkus rapat untuk melindungi dari pengaruh getaran,cairan,kimiawi,dan korosif yang berlebihan. sensor proximity dapat diaplikasikan pada kondisi penginderan pada objek yang dianggap kecil atau lunak untuk menggunakan suatu mekanis saklar.
  •  Sensor magnet

Sensor magnet atau disebut reli buluh. adalah alat yang terpengaruhmedan magnet dan akan memberikan perbubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya saklar dua kondisi (ON/OFF) yang digerakan adanya medan magnet disekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasa yang hampa dan bebas debu, kelembaban asap ataupun uap.
  •  Sensor Sinar

sensor sinar terdiri dari 3 katagori. Fotovoltaic ata sel solar adalah alat yang mengubah energi sinar menjadi energi lisitrik, dengan adanya penyinaran cahaya akan menyebabkan pergerakan elektron dan menghasilkan tegangan. Demikian dengan Fotofonduktif (fotoresisif) yang akan memberikan perubahan tahanan (resistansi) pada sel-selnya, semakin tinggi resistasinya maka akan semakin maka akan semakin kecil tahanannya. Sedangankan Fotolistrik adalah sensor yang berprinsip kerja berdasarkan pantulan karna perubahan posisi/jarak suatu sumber sinar (inframerah atau laser) ataupun target pemantulnya. yang terdiri dari pasang sumber cahaya dan penerimanya.
  •  Sensor UltraSonik

Sensor Ultrasonik yaitu bekerja berdasarkan prinsip pantulan gelombang suara. dimana sensor ini menghasilkan gelombang suara yang kemudian menangkapnya kembali dengan pernedaan waktu sebangai dasar penginderaannya. perbedaan waktu gelombang suara dipancarkan dengan ditangkapnya kembali gelombang suara tersebut adalah berbanding luru dengan jarak atau tinggi objek yang memantulkannya. jenis objek yang dapat diindra diantaranya adalah :  Objek padat, Cair, butiran maupun tekstil.
  •  Sensor Tekanan

Sensor Tekanan ini mempunyai transduser yang mengukur tegangan kawat, Dimana merubah tegangan mekanis menjadi tegangan listrik. dasar pengindraannya pada perbahan tahanan pengantar  (transduser)  yang berubah akibat perubahan panjang dan luas penampangnya.

  •  Sensor Kecepatan

Sensor Kecepatan merupakan kebalikan dari suatu motor diman suatu poros/object yang berputar pada suatu generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan putaran object. Kecepatan putar sering pula diukur dengan sensor pengindera pulsa magnetis (indruksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.
  • Sensor Suhu

adalah alat yang digunakan untuk mengubah besaran panas menjadi besaran listrik yang dapat dengan mudah dianalisis besarannya. ada beberapa metode yang digunakan untuk membuat sensor ini. Salah satunya dengan menggunakan material yang berubah hambatannya terhadap aruslistrik sesuai dengan suhunya.

No comments:

Post a Comment